+62 855-4067-3333
almaunahdumai@gmail.com
Logo SMP Islam Qur'ani Al-Bahjah Al-Maunah

Program

Home / Program

Program Tahfidzul Qur'an SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah

Tahfidzul Qur'an

Program Tahfidz di SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah menggunakan metode Tashili yang terbagi ke dalam dua sesi utama, yaitu sesi Tahsin dan sesi Tahfidz. Pada sesi Tahsin, siswa dibimbing untuk memperbaiki bacaan Al-Qur'an dengan pendekatan yang klasik dan individual. Materi yang diajarkan meliputi: pendekatan klasik dan individual, Jilid 1 (Makhraj dan sifat huruf), Jilid 2 dan 3 (Mad), Jilid 4 (Ghunnah), dan Jilid 5 (Waqaf Ibtida' serta Fawatihussuwar). Selain itu, siswa juga mempelajari binnadzor, ghairu ghoiroh, serta hukum-hukum tajwid secara menyeluruh. Sementara itu, sesi Tahfidz difokuskan pada penguatan hafalan Al-Qur'an melalui beberapa metode seperti musyafahah (tatap muka), takrir dan tasmi' (tugas hafalan), takrir mandiri, murojaah tasmi', dan murojaah mandiri. Kegiatan tahfidz ini disusun dalam beberapa program rutin yang terstruktur. Pada program harian, kegiatan takrir dan hafalan dilaksanakan selama proses KBM di kelas, sekitar 60-70 menit per hari. Setiap hari, siswa mengikuti dua sesi (Tahsin dan Tahfidz) yang dimulai dengan setoran hafalan sebelumnya dan diakhiri dengan hafalan baru. Untuk program pekanan, setiap hari Jumat diadakan kegiatan pekan muroja'ah, yaitu pengulangan hafalan pekanan guna memperkuat daya ingat siswa terhadap juz yang telah dipelajari. Sedangkan pada program bulanan, di akhir setiap bulan siswa mengikuti kegiatan simakan hafalan sebagai bentuk evaluasi dan penguatan hasil hafalan selama satu bulan. Sebagai bagian dari program tahunan, dilakukan evaluasi dalam bentuk ASTS (tes tengah semester), ASAS (tes akhir semester), serta kegiatan khotmil kenaikan juz dan simakan akhir kelulusan. Ini menjadi bentuk apresiasi atas pencapaian hafalan siswa selama mengikuti program tahfidz di SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah.

Lebih lanjut
Program Akhlakul Karimah SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah

Akhlakul Karimah

Program akhlakul kharimah di SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah, berfungsi untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan ajaran Islam dan pedoman yang sudah ditetapkan dan diterapkan oleh Al-Bahjah sesuai bimbingan Guru Mulia Buya Yahya. Program ini mencakup pengembangan akhlak mulia, pemahaman manhaj (kaidah) Islam, serta penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut
Program Intensif Bahasa Inggris dan Arab SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah

Intensif Bahasa Inggris dan Arab

Program intensif bahasa SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah dirancang untuk mendukung penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Program ini dilaksanakan secara bertahap dan sistematis. Untuk Bahasa Inggris, para santri di tahun pertama akan mengikuti program intensif selama dua hingga tiga bulan. Program ini bertujuan untuk membangun fondasi kemampuan berbahasa Inggris. Pada tahun kedua, fokus berpindah ke tahap pemantapan agar kemampuan siswa makin berkembang. Selama program berlangsung, dilakukan penerapan sistem English Area, pengaturan pembagian waktu, dan kontrol kegiatan secara harian untuk membiasakan siswa menggunakan Bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari. Sementara itu, untuk Bahasa Arab, pembelajaran dilakukan sejak tahun ke-1. Proses belajar mencakup pembiasaan penggunaan Bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan, serta penguatan melalui program harian yang berkelanjutan. Sama seperti Bahasa Inggris, sistem Bilingual Area juga diterapkan untuk Bahasa Arab, diiringi dengan kontrol dan pemantauan harian.

Lebih lanjut
Program Kurikulum Nasional SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah

Kurikulum Nasional

Program kurikulum nasional di SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah mengacu pada pendekatan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyeluruh. Dalam proses pembelajaran, sekolah mengutamakan pembelajaran terdiferensiasi yang disesuaikan dengan tahap capaian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan dan kebutuhan belajar setiap siswa. Pembelajaran diintegrasikan antara intrakurikuler, yang mencakup sekitar 70-80% dari total jam pelajaran, dan kokurikuler yang diwujudkan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebanyak 20-30% dari total jam pelajaran. Sinergi antara dua jenis pembelajaran ini diharapkan dapat membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat dan berintegritas. Dari sisi penilaian, pendekatan yang digunakan lebih menekankan pada asesmen formatif, yaitu penilaian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk memahami perkembangan capaian siswa. Hasil asesmen ini menjadi dasar dalam merancang pembelajaran berikutnya agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penilaian juga dilakukan secara autentik, terutama dalam implementasi P5. Hal yang menjadi penekanan penting adalah tidak adanya pemisahan antara penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga siswa dinilai secara holistik sesuai dengan perkembangan kompetensinya.

Lebih lanjut
Program Madrasah Diniyah SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah

Madrasah Diniyah

Program madrasah diniyah di SMPIQu Al-Bahjah Al-Maunah ini bertujuan untuk memperkuat dasar-dasar keislaman siswa melalui pembelajaran yang terstruktur dan mendalam di berbagai bidang ilmu agama. Dalam bidang Aqidah, siswa mempelajari Aqidah 50, Sam'iyyat, dan Hadits Jibril untuk memperkuat pemahaman mereka tentang keimanan yang benar. Sementara itu, pada materi Manhajiah, siswa diajarkan kurikulum berjenjang khas Al-Bahjah, mulai dari Manhajiah Santri Al-Bahjah bagian 1-29. Ini membantu siswa memahami prinsip hidup Islami secara menyeluruh. Pembelajaran Fiqih mencakup praktik toharoh (bersuci), sholat, jamaah, hingga fiqih wanita, agar siswa mampu mengamalkan syariat dalam kehidupan sehari-hari. Pada aspek Akhlak, diberikan Silsilah Dars Akhlak dan kajian majelis rutin bersama Buya Yahya, guna membentuk karakter dan adab mulia. Bahasa Arab juga menjadi perhatian utama, melalui pengajaran Asma' dan Af'al, kitab Al-Mu'inul Mubin, dan praktik Muhawarah (percakapan). Untuk mendukung pemahaman teks berbahasa Arab, siswa juga mempelajari Nahwu dan Shorof dengan kitab Al-Miftah jilid 1-4 dan praktik membaca kitab gundul (tanpa harakat). Ilmu keislaman lainnya seperti Sirah (sejarah Islam) melalui kitab Khulasoh Nurul Yaqin jilid 1-3 dan Imla' (tata tulis Arab) juga menjadi bagian dari pembelajaran, termasuk pengantar ilmu imla' yang dirancang oleh tim Dalwa. Keseluruhan program ini membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga kokoh secara spiritual dan berakhlak Qur'ani.

Lebih lanjut

Tertarik untuk mendaftarkan putri Anda di SMP Islam Qur’ani Al-Bahjah Al-Maunah?

Klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran secara online.

Daftar Santri Baru